Wednesday, December 24, 2008

Filled Under: ,

Balikpapanku . . .

Wednesday, December 24, 2008

Udah 7 tahun lebih nih di Balikpapan, sejak pindah dari Bekasi baru sekarang-sekarang ini Balikpapan mengalami kemajuan yang pesat. Sekarang udah mulai banyak gedung-gedung baru, fasilitas baru, dan yang pasti orang-orang yang baru (karena banyaknya pendatang).

Apartement Grand Sudirman yang dibangun sekitar 2 tahun yang lalu nampak hampir selesai, kontraktor PaBas (Pasar Baru Square) juga sedang mengebut pengerjaanya, ga mau kalah, BC (Plaza Balikpapan) yang merupkan pioneer mall di kota ini juga membangun gedung baru tepat disebelah gedung lama. Alhasil, The Plaza Balikpapan menggempur rival terdekatnya (PaBas) dengan menyelesaikan gedungnya lebih cepat dan membuka pusat perbelanjaan Hypermart (yang merupakan gerai ke-20 di Indonesia). Melihat itu pihak PaBas gak tinggal diam, beberapa waktu kemudian dibukalah CINEMA XXI di lantai 2 PaBas, walaupun kelihatannya sedikit memaksa (karena kondisi mall yang belum selesai) CINEMA XXI tidak kalah ramai dengan Hypermart (yaiyalah, secara baru kali ini ada bioskop bagus di Balikpapan :D) . . .

Selain itu, Pemkot Balikpapan juga terus melakukan inovasi, hal yang tampak mencolok adalah di bidang lalu lintas. Saat ini sudah dibuat bike track di sekitar Lapangan Merdeka Pertamina dan di sekitar terminal BP. Selain itu, mereka juga menambahkan perangkat lalu lintas berupa traffic light khusus untuk penyebeberang jalan dengan tombol dan mengganti sejumlah traffic light yang sudah usang. Jalan M.T. Haryono di dekat PDAM juga sedang dalam proses peninggian sampai 1 meter (soalnya dulu sering banjir di sini).

Ada lagi yang ga kalah hebat, frekuensi pemadaman bergilir di Balikpapan juga menurun drastis. Dari yang dulu seminggu tiga kali bisa mati lampu, sekarang 2 minggu aja belum tentu mati lampu. Entah karena PLN menambah kapasitasnya atau memang masyarakat Balikpapan udah merubah pola pemakaian listriknya. Emang sih kadang mati, tapi itu kalo lagi hujan deres plus angin (semacam badai), mungkin biar ga kesambar petir.

Tapi, karena perkembangan-perkembangan itu Balikpapan sekarang jadi tambah macet. Liat aja, dulu macetnya paling-paling kalo malming di sekitar BC doank, tapi sekarang hampir tiap hari macet. Trus juga tingkat keamanan rada menurun, mungkin karena banyak pendatang baru. Ga tau kenapa sejak peristiwa Lumpur Lapindo kayaknya makin banyak aja orang di Balikpapan, udah gitu banyaaaaaak banget orang yang buka kedai makanan KHAS JAWA TIMUR.

Yah, semuanya pasti ada efek baik dan buruknya, tinggal gimana kita menyikapinya aja, okeh . . . n_n