Sunday, July 04, 2010

Filled Under: ,

Sepuluh Hal

Sunday, July 04, 2010

Kembali lagi bersama saya di blog Saya Mau Nulis ™. Setelah sekian lama tidak terjun dalam dunia tulis menulis, akhirnya pada kesempatan ini saya kembali hadir untuk menyajikan beberapa tulisan kepada pembaca sekalian.

Namun sebelumnya, saya ingin memberikan kabar gembira bahwa hak cipta penamaan blog Saya Mau Nulis ™ telah terdaftar di Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Which means, blog Saya Mau Nulis ™ yang resmi adalah yang beralamat di http://sayamaunulis.blogspot.com/ . Dimana selain pada alamat yang tercantum, bukanlah blog resmi Saya Mau Nulis ™ dan saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi apabila Anda mengakses materi Saya Mau Nulis ™ dari sumber yang tidak resmi, atau versi KW, alias abal-abal. Kecuali bila ada pemberitahuan sebelumnya.

Pertanyaannya adalah: Ada percaya dengan tulisan diatas?
Mohon maaf jika YA :D

#1
Bulan Juni, penuh dengan agenda, UAS, Organisasi, Tugas, Piala Dunia, dmbl (dan masih banyak lagi). Awal Juni, minggu tenang sih minggu tenang, tapi benar-benar tidak ada kerjaan selain belajar belajar dan belajar. Karena minggu tenang ini hanyalah kamuflase untuk menutupi suatu kekhawatiran mahasiswa yang akan menghadapi ujian. Faktanya, ternyata minggu tenang bukanlah minggu yang benar-benar tenang, sebagian panik, grusa-grusu, mondar-mandir ke tempat teman untuk belajar bersama, dan lain-lain.

Ketika minggu tenang selesai, semakin tampaklah bahwa minggu tersebut bukanlah minggu yang tenang. Kejadian pada hari pertama ujian, kedua, ketiga, keempat, kelima, keenam, dan ketujuh merefleksikan apa saja yang sebenarnya kita lakukan selama minggu tenang. Tak pelak, bagi yang menganggap minggu tenang adalah ‘the real minggu tenang’ selalu khawatir, berusaha menempati posisi strategis pada saat ujian, jurus toleh kanan-kiripun masih sering terjadi, padahal seharusnya hal ini tidak terjadi lagi ketika seseorang menyandang status mahasiswa.

Berbeda dengan orang yang menganggap minggu tenang adalah jebakan setan yang mematikan, mereka terlihat lebih tenang pada hari-hari ujian, posisi dimanapun tidak menjadi masalah. Namun, orang seperti ini masih jarang ditemui.

#2
Ujian selesai, wah senangnya liburan, hmm ngapain ya? Wess, jangan lupa, nilai ujian masih menghantui masa-masa awal liburan. Walaupun info nilai bisa didapatkan dengan adanya kecanggihan teknologi, akses dimana saja dan kapan pun, tetap saja rasa was-was menghantui. Karena nilai tidak dirilis dalam waktu yang bersamaan. Semoga kemajuan teknologi kelak, bisa membuat nilai-nilai dirilis dalam waktu yang bersamaan. Tidak hanya teknologinya saja yang maju, namun nilai-nilai juga bisa menjadi lebih maju.

#3
Organisasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa organisasi merupakan hal yang tidak terlepaskan dari kehidupan mahasiswa. Sebagian besar menerjunkan dirinya dalam ranah organisasi, entah sekedar untuk mejeng, cari jodoh, gengsi, atau hal-hal kamuflatif lainnya. Namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan organisasi untuk mengembangkan kapasitas diri dan pemikirannya.

Jika seseorang benar-benar serius dalam organisasi, maka ia akan sekuat tenaga memberdayakan segala potensi yang ada pada dirinya. Namun, pada saat yang bersamaan pula terbebankan tanggung jawab akademik, serta tanggung jawab kepada orang tua. Inilah tantangan tersulit bagi aktifis mahasiswa, ia harus mencari cara bagaimana kedua hal tersebut bisa seimbang, sejalan, selaras. Ada kalanya berhasil, namun banyak juga yang gagal. Segala sesuatu penuh konsekuensi.

#4
Piala Dunia. Musim ujian dimulai bersamaan dengan mulainya perhelatan akbar empat tahun sekali, Piala Dunia. Diperkirakan milyaran pasang mata akan terpaut pada layar yang menampilkan siaran langsung dari perhelatan ini. Diperkirakan pula, pasien pengidap insomnia akan semakin banyak pula. Juga diperkirakan, penjualan kopi, makanan cepat saji 24 jam, televisi, parabola, pulsa telepon, BBM, akan semakin meningkat. Belum lagi perjualan merchandise Piala Dunia.

Tidak mau kalah, traffic pengguna microblogging TWITTER juga meningkat dengan pesat, terutama pada premiere hours, atau pada saat pertandingan berlangsung. Tanpa melihat statistik untuk mengetahui angka pasti, hal ini bisa dirasakan oleh pengguna TWITTER, dimana over capacity semakin sering terjadi, dengan pemeran utama adalah stupid whale (?). Anyway, Indonesia menyumbang tweet terbanyak ke-3 sedunia setelah Amerika dan Jepang (statistik bulan Juni).

#5
Semester Pendek. Demi memperbaiki nilai pada semester satu, kali ini saya harus mengambil SP yang dilaksanakan selama dua bulan. SKS yang saya ambil berjumlah enam. Dikarenakan pada tahun ajaran mendatang, SP tidak akan diadakan, jika nilai jelek, tentunya harus mengulang tahun depan.

Dari awal proses pendaftaran, registrasi online, pembayaran semua berjalan dengan lancar. Semua dilakukan pada hari-hari pertama agar urusan dapat segera terselesaikan. Saya kurang suka mengurus sesuatu pada injury time atau masa-masa terakhir, karena hal ini tentunya akan menghabiskan lebih banyak energi, waktu, dan pikiran.

Dengan diambilnya SP tahun ini, maka secara resmi waktu liburan saya berkurang secara drastis. Kuliah 4 hari dalam satu minggu, 12 jam seminggu selama delapan minggu. Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk saya agar lebih baik di semester mendatang.

#6
Bioskop. Salah satu tempat favorit saya untuk melepaskan penat. Sejak dua tahun yang lalu, saya mulai menggandrungi dunia perfilman. Bagi saya, tidak hanya konten atau cerita dari film yang menarik, tetapi juga teknologi yang ada di dalamnya, seperti proyeksi gambar, tata suara surround sound, sistem ticketing, dan lain-lain. Aneh memang, tapi itulah yang saya senangi.

Karena terbiasa dalam merencanakan, saya selalu mengatur jadwal untuk ke bioskop tiap bulannya, menyisihkan budget, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi defisit waktu dan dana. Sampai saat ini semua berjalan dengan lancar. Semoga akan selalu lancar. Sekedar info, tercatat dalam semester pertama tahun ini, saya sudah menghabiskan waktu di bioskop untuk 24 film, hampir memecahkan rekor saya sendiri tahun lalu, sebanyak 27 film dalam 1 tahun.

#7
Insomnia. Insomnia yang menyerang saya kali ini sungguh parah, sudah hampir seminggu saya tidak bisa tidur tepat waktu, tidur cenderung mendekati waktu subuh atau sebelumnya. Akibatnya, mata saya sedikit berkantung, seperti panda. Segala cara telah dicoba, tidak tidur siang, melakukan aktifitas lebih di siang hari, sampai obat tidur pun saya konsumsi, makan banyak, dan masih banyak usaha lainnya yang telah saya jalani. Namun ajaib, tidak satupun dari usaha tersebut berhasil. Entah sampai kapan. I'm determined to go to sleep as soon as possible. Semoga cepat sembuh. Any solution?



#8
Argentina kalah. Yah pada pertandingan tadi malam, Argentina harus rela untuk menyerahkan tiket semifinal kepada German. Entah kenapa, Otemendo bermain seolah tanpa arah, rentan pelanggaran dsb. Padahal banyak peluang untuk mencetak gol.
Ada faktor lain yang menurut saya turut mempengaruhi kekalahan Argentina pada pertandingan semalam, janji Maradona untuk berlari bugil di Buenos Aires mengelilingi Obelisk jika Argentina menang. Hal yang tidak senonoh ini mungkin salah satu yang mempengaruhi pertimbangan-Nya untuk memberikan kemenangan pada Argentina. Maradona maradona, lain kali tidak perlu lah janji janji bodoh seperti itu #emosi

Fine, Argentina kalah, German menang, saya akui. Bagi pemenang dan pendukungnya silakan berbahagia dan tetap berhati-hati dalam merayakan kemenangan tersebut dengan menjaga perkataan dan tindakan agar tidak menyinggung pihak oposisi. Bersikaplah dewasa.

#9
Saya ingin memulai hidup baru, lebih semangat, lebih sehat, lebih baik, lebih religius. Saya ingin semuanya menjadi lebih baik, saya tidak ingin suatu masalah yang sedang dihadapi menghalangi diri saya untuk maju. Tidak ingin berlarut-larut dalam masalah.

Satu masalah yang tersisa, yaitu bagaimana saya membangkitkan semangat untuk melakukan itu semua, terasa sulit sekali untuk memulainya, berat bahkan. Entah kenapa, saya seperti kehilangan motivasi. Saya butuh motivasi mendalam yang benar-benar kuat saat ini, mood saya sedang berantakan. Anyone can help?

#10
Mungkin saat ini itu saja yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila sedikit garing ataupun tidak menghibur, karena memang mood saya sedang menurun. Semoga dapat berjumpa lagi di lain waktu dengan mood yang lebih baik