Tuesday, September 20, 2011

Filled Under:

Surat Untuk Seluruh Pengguna Jalan

Tuesday, September 20, 2011

Kepada
Seluruh Pengguna Jalan
(Pengendara kendaraan bermotor, pejalan kaki, maupun pedagang kaki lima)
di tempat

Salam sejahtera,

Kepada pengendara kendaraan pribadi roda empat, diharapkan kesabaran Anda di jalan, karena kendaraan Anda menghabiskan ruas jalan yang cukup banyak. Pastikan juga Anda telah mengenakan sabuk keamanan dimanapun posisi duduk Anda, depan, tengah, maupun belakang, kita tidak menginginkan hal-hal yang buruk terjadi, namun ini adalah suatu bentuk antisipasi.

Kepada pengendara kendaraan roda dua, diharapkan kehati-hatian Anda, karena kendaraan Anda yang ukurannya mungil, bukan berarti Anda bisa menyelip-nyelip secara brutal. Juga gunakan selalu helm standard Anda, jangan sia-siakan hidup Anda di jalan.

Kepada pengendara kendaraan umum roda empat atau lebih, dimohon sekali pengertian Anda, karena Anda termasuk kendaraan yang sering berhenti, tetaplah berada di lajur kiri, berhentilah di tempat yang diizinkan untuk berhenti, jangan berhenti tiba-tiba dan berlama-lama. Anda bisa saja membuat jalanan macet.

Kepada pengendara kendaraan besar (truk/bus), ambillah lajur yang telah ditentukan untuk Anda, jangan terlalu sering berpindah lajur, ukuran Anda besar dan akan sangat merepotkan bila Anda tiba-tiba mogok ataupun ingin berputar balik.

Kepada pejalan kaki, menyeberanglah di zebra-cross, karena Anda tahu, Anda sayang pada diri Anda dan keluarga Anda.

Kepada pedagang kaki lima, berdaganglah di tempat-tempat yang disediakan, alangkah indahnya kalau trotoar terlihat rapi dan bersih.

Kepada penumpang kendaraan umum, katakan tujuan Anda jauh sebelum Anda tiba, dengan begitu sopir tidak perlu berhenti mendadak.

Kepada seluruh pengendara kendaraan bermotor, gunakan lampu ratting Anda ketika akan belok atau berpindah jalur. Anda tidak mau kan disalahkan hanya karena belok tiba-tiba? Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi prosentase kecelakaan.

Kepada seluruh pengendara semua jenis kendaraan, berhentilah SEBELUM zebra-cross ketika berada di lampu lalu lintas. Karena pejalan kaki pun butuh zebra-cross untuk menyeberang. Patuhi juga seluruh rambu-rambu lalu lintas yang Anda. Rambu-rambu dibuat untuk keselamatan kita bersama.

Kepada seluruh penggna jalan, buanglah sampah pada tempatnya, bukan di jendela kaca mobil Anda, bukan disamping sepeda motor Anda, bukan ditrotoar maupun jalan. Anda tidak ingin kalau jalanan kotor dan banjir bila hujan kan?

Saya berharap, siapapun yang membacanya dapat memahami dan membantu menyebarkan surat ini.

Mari jaga ketertiban bersama.
Demikian, atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Jatinangor, 20 September 2011
Salam hangat


Akbar Surya