Friday, September 30, 2011

Travelling Tips

Friday, September 30, 2011

Mumpung ada waktu, pengen share tentang travelling nih, kan ceritanya bagi-bagi pengalaman jalan-jalan hemat ke luar negeri, hehe.


RISET
Sangat penting bagi Anda yang ingin travelling mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda taklukkan untuk melakukan RISET. Ah kayak apa aja pake riset-risetan segala. Jadi gini, jika Anda belum pernah berkunjung ke tempat tersebut, sangat harus bagi Anda untuk mengetahui tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Mulai dari transportasi, tempat menginap, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Anda pasti ga akan mau merasa tiba-tiba ling-lung kayak anak ayam kehilangan emaknya ketika tiba disana. Selain itu, orang yang linglung juga rentan jadi korban kejahatan, waspadalah, waspadalah!

Gimana caranya riset? Kan ada internet, gunakan internet jangan cuma buat fesbukan sama twitteran dong. Cari info SEBANYAK-BANYAKNYA tentang tempat tersebut, kalau merasa perlu, silakan ikut bergabung di forum-forum travelling, KASKUS misalnya. Akan ada banyak orang yang dengan senang hati memberikan info dan tips kepada Anda.

Tips: Anda juga bisa mencari teman untuk berbarengan di forum jika Anda berencana pergi sendirian.

CARI TANGGAL
Cari tanggal pada saat Anda bisa libur lebih lama, seminggu misalnya. Sangat disayangkan kalau Anda hanya pergi selama 2 atau 3 hari. Jika ada waktu lebih kenapa tidak. Selain itu lihat juga tanggal libur, cuti bersama, atau bagi Anda yang masih bersekolah/mahasiswa, pastikan melihat kalender akademik. Jangan sampai sekolah/kuliah Anda terganggu hanya karena salah menentukan tanggal. Begitu juga yang bekerja, namun karena saya masih berstatus mahasiswa dan belum merasakan pengalaman kerja, jadi silakan disesuaikan saja :)

Tips: Sesuaikan juga durasi waktu liburan Anda dengan budget yang Anda miliki

PLANNING
Setelah riset dirasa cukup, saatnya planning. Perencanaan perjalanan adalah hal mutlak yang harus dibuat oleh seorang traveller. Bagi traveller, planning dapat mengefisienkan waktu kita yang terbatas selama liburan. Buat daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi, setelah itu buatlah travel itenerary, apa itu? Travel itenerary adalah rincian perjalanan yang lebih mendetail daripada sekedar planning secara garis besar. Buatlah itenerary dari saat Anda tiba di tempat tujuan secara rinci, kalau bisa sekalian tulis jamnya. Misal, dari jam sekian sampai sekian tiba di airport, lalu dari jam berapa sampai jam berapa ke tempat ini, itu, dst.

Tips: Buat itenerary dari awal Anda tiba sampai Anda pulang, pastikan juga buat plan B atau bahkan C jika terjadi hal di luar dugaan.

RESERVASI TIKET
Hal yang paling penting adalah reservasi tiket, tanpa ini Anda tidak akan kemana-mana. Lakukan reservasi tiket jauh jauh jauh jauh jauh jauh hari sebelum Anda berangkat. Karena, harga tiket bisa jauh jauh jauh jauh jauh lebih murah ketimbang Anda membeli beberapa minggu sebelum keberangkatan. Diperlukan kerajinan dan ketekunan untuk hal ini.
Hasil berburu tiket promo
Tips: Daftarkan diri Anda di website-website airlines untuk mendapatkan info promo terbaru. Sering-seringlah mengecek website mereka.

REPLANNING + BUDGETING
Setelah mendapatkan tiket, biasanya karena ada perbedaan perkiraan waktu antara itenerary Anda sebelum memesan tiket dan sesudah memesan tiket, Anda perlu menyesuaikan kembali jadwal-jadwal perjalanan Anda. Dan yang paling penting, sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, jangan sampai Anda menggembel dan mati kelaparan di negeri orang hanya karena planning tidak sesuai budget.

Tips: Usahakan merencanakan perjalanan satu arah untuk mengurangi biaya transportasi. Misalnya, Anda pergi ke Singapura lalu bergerak terus ke utara, ke Malaysia, Thailand, dan seterusnya.

RESERVASI HOSTEL/TEMPAT PENGINAPAN
Untuk hal yang satu ini, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih tempat penginapan, jangan asal murah! Perhatikan juga lokasi dari tempat wisata, jarak ke fasilitas transportasi, keamanan sekitar, dan yang pasti kenyamanan Anda. Cari tahulah tentang reputasi penginapan, baca review orang-orang yang pernah menginap disana, untuk hal ini Anda bisa menggunakan web agregator, sebut saja AGODA dan TRIP ADVISOR.

Untuk beberapa negara tujuan, misal negara-negara Eropa, mengharuskan pengunjungnya melakukan reservasi dan mendapatkan konfirmasi penginapan ketika Anda mengajukan visa. Namun jika Anda hanya berkunjung ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, maupun Thailand, Anda tidak harus melakukan reservasi. Carilah penginapan yang cocok menurut Anda ketika Anda tiba disana.

Tips: Ketika mencari penginapan, sebaiknya minta izin untuk mengecek kondisi kamar untuk memastikan pilihan Anda.

DOKUMEN PERJALANAN
Paspor mutlak diperlukan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan internasional. Untuk negara tetangga dan beberapa negara bebas visa lainnya, Anda hanya perlu membawa paspor untuk pergi kesana. Namun untuk negara-negara diluar negara bebas visa, Anda harus mengurus visa di kedutaan besar masing-masing negara.

Tips: Peraturan visa untuk masing-masing negara berbeda-beda, lakukan riset untuk hal ini.

BERKEMAS
Mulailah mendaftar barang-barang apa saja yang akan Anda bawa, paling tidak satu minggu sebelum perjalanan, dengan begini Anda dapat mengantisipasi apabila ada barang yang terlupa. Buat daftar di atas kertas, lalu pilih barang-barang apa saja yang penting untuk dibawa, jangan bawa barang-barang tidak penting, karena ini hanya akan menyusahkan diri Anda. Contoh barang penting: Pakaian, alat mandi, sepatu, sandal, plastik kresek, strap bag, senter, dll. Jangan sampai berlebihan membawa pakaian. Contoh barang tidak penting: Panci, wajan, kompor portable, sikat WC, dan lain-lain.

Rata-rata peraturan makapai penerbangan membolehkan para penumpangnya untuk membawa bagasi kabin MAKSIMAL 7 KG, jadi pastikan Anda menimbang tas sebelum berangkat, atau Anda akan dikenai biaya tambahan yang biasanya cukup mahal.

Tips: Sediakan ruang kosong sekitar 25% dari beban maksimal dan kapasitas tas Anda. Anda pasti membawa beberapa cindera mata, dan pakaian kotor biasanya memakan ruang lebih banyak.

TAS PINGGANG
Tas ini membantu Anda mengorganisir paspor, dompet, tiket, dan telepon selular. Dengan tas ini Anda tidak perlu repot membuka backpack Anda setiap kali ingin mengambil sesuatu, misal paspor untuk pengecekan imigrasi.

Tips: Jangan isi penuh tas pinggang Anda, karena akan terkesan banyak isinya dan mengundang tindak kejahatan

VALUTA ASING
Tukarkan mata uang di tempat penukaran mata uang yang terpercaya. Anda juga bisa menukarnya di bank, namun cenderung lebih mahal. Tanyakan apabila mereka mempunyai pecahan kecil, karena sebagian besar hanya menyediakan dalam pecahan besar. Simpan uang Anda di beberapa tempat, misalnya sebagian di dompet, sebagian di tas, sebagian di kaos kaki (misal), sebagai bentuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan Anda tidak kehilangan seluruh uang Anda.

Jika Anda berpergian ke beberapa negara, tentunya Anda akan membawa beberapa mata uang. Apabila ingin menyediakan dana cadangan, sebaiknya tukarkan dana tersebut dalam mata uang US Dollar, karena nilainya yang cenderung stabil dan laku dimana-mana. Sebagai contoh, di Phuket (Thailand), jika Anda menukarkan Rupiah ke Bath, 1 Bath bisa seharga Rp 500, padahal kalau di Indonesia 1 Bath harganya Rp 300 (kurang lebih), kenapa? Karena Rupiah cenderung tidak laku dipasaran, sehingga hanya sedikit yang punya, dan harganya pun menjadi mahal. Contoh kasus: Fulan ingin berpergian ke Singapura dan Malaysia, ia membawa SGD 100 dan MYR 300, namun ia masih memiliki budget untuk dana cadangan senilai IDR 500,000. Dana cadangan itulah yang sebaiknya ditukarkan ke mata uang USD.

Kartu ATM maupun credit card yang berlogo Visa dan juga MasterCard dapat digunakan di seluruh dunia, namun pastinya dengan charge yang lebih mahal. Jika bertransaksi dengan credit card tanyakan apakah akan dikenai biaya tambahan atau tidak.

Tips: Tukarkan uang secukupnya. Tarik tunai di ATM sekaligus, untuk menghindari surcharge yang berlebihan.

IMIGRASI
Di bandara, setelah check in dipastikan Anda akan disuruh untuk mengisi kartu keberangkatan. Isi dengan lengkap dan jelas, tulisan harus bagus, jadi ya buat yang tulisannya kayak ceker ayam sebaiknya perlu diperbaiki dari sekarang. Setelah mengisi dan tiba giliran Anda, biasanya Anda akan diberi pertanyaan singkat mengenai tujuan keberangkatan Anda. Jawab dengan lugas, tegas dan wajah yang meyakinkan, jangan aa ii uu ee oo, apalagi kalau sambil ngupil, Anda akan dicurigai sebagai penyelundup upil.. (berlaku relatif, umumnya ditanyakan kepada pemegang paspor baru yang masih kosong)
Paspor dan Kartu Kedatangan
Demikian juga setelah tiba di bandara tujuan, kartu imigrasi (yang biasanya diberikan di pesawat) harus sudah diisi, jika belum, mohon maaf, Anda harus mengambil kartu dan mengulang antrian. Dan biasanya antrian itu tidak sedikit, menurut pengalaman, saya harus berdiri selama 45 menit sampai tiba giliran saya.

Tips: Terkadang petugas imigrasi menanyakan tiket pulang Anda, pastikan Anda membawanya.

PERJALANAN
Selama berada disana, pastikan dari cara bicara, bahasa tubuh, dan lain-lain terlihat meyakinkan, ini antisipasi karena Anda (apabila belum pernah) belum tahu betul tentang keadaan disana. Pastikan juga transportasi yang ada gunakan terpercaya, selain itu jangan kembali ke penginapan terlalu larut malam, ya semua orang juga tahu, malam hari sangat rawan kejahatan.
Salah satu perusahaan bus terbaik di Malaysia - Transnasional Sdn. Bhd.
Tips: Jika Anda ingin tidur di bus/kereta, pastikan barang-barang bawaan Anda selalu berada dalam jangkauan dan pengawasan.


KOMUNIKASI
Berkomunikasi dengan penduduk lokal sangat berkesan tentunya, salah satu pengalaman saya, ketika saya bertanya dimana lokasi stasiun dalam bahasa Inggris, orang yang saya tanya tidak mengerti dan akhirnya saya menggunakan bahasa tubuh dan menirukan suara kereta. Selain itu, pastikan juga Anda (kalau belum lancar berbahasa Inggris) hafalkan beberapa istilah-istilah yang sering dipakai dalam travelling.

Tips: Pelajari beberapa 'bahasa mereka', penduduk lokal sangat menghargai traveller yang mau mempelajari bahasa mereka walaupun pelafalannya masih jauh dari sempurna.

KAMERA
Tanpa kamera, Anda akan kehilangan momen-momen berharga. Bawalah kamera Anda, namun tetaplah low profile ketika di jalan, jangan sampai ada orang yang berniat jahat pada Anda. Jika Anda pergi sendirian, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk memotret Anda, namun lihat-lihat juga orangnya.

Tips: Kadang hasil foto dari orang yang kita minta bantuan tidak sesuai harapan, bawalah tripod mini jika memungkinkan.

TELEPON SELULAR
Jika Anda berpergian cukup lama, sangat disarankan untuk membeli kartu prabayar disana, karena untuk roaming tarifnya tentu sangat mahal. Namun, jika Anda mempunyai dua ponsel, sebaiknya, tetap aktifkan nomor Anda (digunakan untuk menerima SMS), dan juga beli kartu prabayar untuk digunakan di ponsel Anda yang satunya lagi. Hal ini membantu supaya Anda tidak lost contact dengan keluarga atau rekan Anda.

Tips: Jangan isi pulsa (top up credit) terlalu banyak, sesuaikan dengan kebutuhan.

CINDERAMATA
Cinderamata, sesuai selera saja, asal jangan yang berat-berat dan rentan pecah, tapi ya itu semua terserah kepada Anda saja. Cari barang-barang yang unik. Jangan pula sungkan untuk menawar. Kalau mau murah, sebaiknya beli kartu pos saja, hehe.

Tips: Dapatkan harga barang incaran Anda dengan harga yang lebih miring dengan mempelajari dan menggunakan beberapa kata dalam bahasa mereka ketika tawar menawar.

MAKANAN
Bagi Muslim, makanan halal adalah mutlak. Tidak sulit untuk mencari makanan halal, biasanya terdapat tulisan “Halal” dan/atau aksara Arab bertuliskan “Muslim” di papan nama rumah makan.

Tips: Travelling sangat menguras tenaga, pilih makanan dengan gizi yang memadai, hal ini juga membantu Anda mempertahankan daya tubuh.

Demikian, segitu dulu kali yah, ntar kalo ada ditambahin lagi deh, happy travelling :)