Thursday, March 01, 2012

Siapa Bilang Liburan ke Luar Negeri Mahal?

Thursday, March 01, 2012

Currencies Exchange

Baiklah, atas permintaan teman-teman, kali ini saya akan menjabarkan sedetail-detailnya ongkos perjalanan liburan ke tiga negara kemarin, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Berikut rinciannya:
Costs
Sebenarnya banyak sedikitnya pengeluaran  tergantung individu masing-masing, kalau untuk kebutuhan pokok seperti makan dan tempat menginap dengan harga yang dicantumkan di atas sudah bisa dibilang (sedikit) di atas rata-rata backpacker. Walaupun sebenarnya masih banyak yang lebih ekonomis, saya pribadi masih mengutamakan keamanan dan kenyamanan tempat menginap. Kebutuhan makan tergantung porsi masing-masing pribadi. Saya cenderung makan banyak ketika berpergian, karena sangat menguras energi.

Untuk tiket pesawat, harga menyesuaikan dengan promo airlines, harus rajin-rajin nyarinya. Harga yang dicantumkan di atas adalah harga dasar bersih (termasuk pajak, fuel surcharge, dan biaya kartu kredit). Buat saya, yang penting sudah bisa sampai dengan selamat di tempat tujuan juga sudah cukup, tapi beda lagi ceritanya untuk long haul flight, hehe.

Secara keseluruhan, tanpa menghitung biaya tiket pesawat, urutan living cost dari yang paling tinggi yaitu di Singapura,  Malaysia, kemudian Thailand. Di Singapura, sekali makan rata $7, Malaysia RM 8, dan Thailand  ฿ 60.

Semoga bisa menjadi referensi buat teman-teman semua.