Wednesday, October 08, 2014

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Total, Sore Ini!

Wednesday, October 08, 2014


Bismillahirrahmanirrahim..

Insya Allah pada tanggal 8 Oktober 2014 kita bisa menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total  (Blood Moon), fenomena akan terjadi dalam rentang waktu 16.15 WIB - 19.30 WIB.

Karena sore hari masih cerah, kita baru bisa mulai menyaksikan secara jelas kira-kira ba'da Maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB. Fenomena dapat dilihat langsung di ufuk timur tanpa bantuan alat optik, namun demikian ketinggian bulan belum berada pada derajat tinggi, sehingga belum terlihat jelas. Seiring berjalannya waktu bulan akan semakin meninggi dan semakin mudah terlihat.


Bulan mulai tertutup bayangan bumi sekitar pukul 16.23 WIB, akan mencapai puncak (tertutup total) sekitar pukul 17.55 WIB, mulai terbuka lagi sekitar pukul 18.10 WIB, dan fenomena gerhana akan berakhir sekitar pukul 19.30 WIB.

Simulasi dilakukan dengan menonaktifkan tampilan atmosfir dan tampilan permukaan bumi supaya permulaan gerhana dapat diamati dengan jelas, karena gerhana sudah dimulai sejak sebelum bulan berada di atas cakrawala/horizon lokasi daerah pengamat, yaitu Kabupaten Sumedang, lokasi penulis. Memang untuk wilayah Indonesia Bagian Barat akan sedikit lebih sulit untuk mengamati, sebaliknya untuk Indonesia Bagian Timur, karena adanya perbedaan zona waktu.

Semoga cuaca memungkinan kita untuk menyaksikan fenomena ini, dan bagi yang Muslim jangan lupa untuk sholat gerhana :)

CMIIW :)

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. 

[Qur'an Surah Yunus 10:5]