Sunday, October 16, 2016

E-Toll Card

Sunday, October 16, 2016

Flazz BCA
Berpergian merupakan kebutuhan hampir setiap orang, entah untuk keperluan mencari nafkah, menuntut ilmu, bersosialisasi, dan keperluan lainnya yang membutuhkan kita untuk berpindah ke suatu tempat. Pastinya di zaman modern ini banyak sekali moda transportasi yang bisa kita gunakan, mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat, dan lainnya. Mobil merupakan salah satu moda transportasi yang sebagian besar digunakan untuk berpergian, terlebih untuk jarak yang menengah sampai jauh, dan juga jika membutuhkan ruang yang luas untuk membawa barang.

Sudah lumayan lama saya menggunakan moda transportasi beroda empat ini, dan beruntungnya di wilayah Bandung Raya ada jalan bebas hambatan atau jalan tol yang bisa digunakan. Salah satu masalah yang kerap kali terjadi di jaringan jalan tol adalah kemacetan di gerbang tol, karena kendaraan harus mengantri untuk melakukan pembayaran tol. Beruntungnya, saat ini sudah ada gardu tol otomatis yang disediakan untuk pengguna jalan tol yang memiliki kartu tol prabayar (e-Toll Card) yang dapat mengurangi durasi antrian di gardu. Tinggal tempelkan saja kartu di mesin hingga saldo otomatis terpotong dan portal terbuka, tidak perlu repot-repot menyiapkan uang tunai dan menunggu kembaliannya.

Sudah cukup lama pula saya menggunakan e-Money dari Bank Mandiri yang juga berfungsi sebagai e-Toll Card, dan sejauh ini hampir semuanya baik-baik saja, walaupun pernah sekali terjadi saldo saya terdebit dua kali tarif tol, entah bagaimana, beruntungnya bukan tarif jarak terjauh.

Sejak Tol Cikampek-Palimanan dibuka, kemudian dilanjutkan sampai Brebes, saya penasaran apakah e-Toll Card sudah dapat digunakan di jaringan tol tersebut. Pada tahun 2015 ketika saya melakukan perjalanan mudik dari Bekasi ke Solo, saya mencoba jalur Tol Cikopo-Palimanan-Kanci-Pejagan yang dilanjutkan dengan ruas Tol Pejagan-Brebes yang masih dalam tahap konstruksi, alias off-road dengan debu yang sangat tebal. Saat itu e-Toll Card baru bisa digunakan dari Bekasi-Cikarang-Cikopo, sisanya baru bisa dengan pembayaran tunai. Lalu dilanjutkan dengan Tol Semarang yang sudah bisa menerima pembayaran e-Toll Card.

Setahun berlalu, konon menurut berita yang beredar, ruas tol jalur mudik Pantura sudah bisa menggunakan e-Toll Card untuk pembayaran, dan kali ini lebih banyak bank, yaitu Mandiri, BNI, BRI, dan BCA, yang selama ini kita tahu (mungkin) e-Toll Payment dimonopoli oleh bank Mandiri, syukurlah sudah tersedia untuk beberapa bank. Kemarin saat saya kembali mudik melalui jalur utara menuju Bandung, benar saja e-Toll Card sudah dapat digunakan di semua ruas tol. Mulai Tol Bawen-Tembalang, yang terkenal dengan tol yang sedikit-sedikit bayar, lalu ke jalur biasa dan kemudian masuk di Gerbang Brebes Timur sampai Cileunyi dengan jarak tempuh yang kurang lebih 300 kilometer, cukup membosankan memang.

Akhirnya setelah kurang lebih empat jam di jalan tol sampai juga di Cileunyi, dan ini yang paling penting, saya telah lama penasaran dengan tarif Tol Palimanan-Cileunyi yang sudah sejak lama saya Googling dimana-mana tapi tidak ketemu, dan ternyata cukup menguras saldo, yaitu Rp 143.000, belum lagi ditambah tarif Tol Brebes-Palimanan Rp 55.500, dan printilan-printilan ruas Tol Bawen-Tembalang (Tol Semarang) sejumlah Rp 19.500,  semua tarif tersebut  per tanggal 11 Oktober 2016. Finally, mission accomplished: Driving in Cipali-Bandung Toll Road! 

Struk Tol Pantura-Cileunyi
Satu hal lagi yang cukup membuat saya penasaran, karena selama ini hanya e-Toll Card Bank Mandiri yang terpasang logonya di gardu tol namun menurut pemberitaan e-Toll Card ke empat bank tadi sudah bisa digunakan, akhirnya beberapa hari yang lalu saya coba membuktikan dengan menggunakan e-Toll Card dari BCA (Flazz BCA) untuk ruas Tol Padalarang-Cileunyi, dan ternyata memang bisa digunakan. Walaupun saya hanya menempuh jarak dari Cileunyi hingga Buah Batu, dari situ (menurut saya) bisa dilihat bahwa Flazz BCA sudah bisa digunakan untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Padalarang-Cileunyi, dan Cikampek-Cikopo-Palimanan-Kanci-Pejagan karena ruas tersebut terintegrasi. Untuk Tol Pejagan-Brebes saya belum tahu apakah Flazz BCA sudah bisa digunakan atau belum, namun untuk tiga bank lainnya sudah bisa digunakan.

Semoga bermanfaat! Oh ya, ini bukan endorse, tapi kalau ada yang endorse boleh laah :D